Cara Membuat Website Yang Menjual dengan Sendirinya

Mencari ide cara membuat website yang menjual dengan sendirinya? Untuk Anda yang seorang pelaku bisnis, maka keberadaan sebuah website resmi miliki layanan Anda merupakan sebuah keharusan. Anda harus bisa menghadirkan website khusus untuk usaha yang sedang Anda jalankan. Hal itu karena adanya website akan membantu kelancaran usaha Anda.

Mengapa Harus Membuat Website?

Sepertinya semua orang setuju jika kehadiran website akan memberikan dampak yang cukup besar pada usaha yang Anda miliki. Website berperan penting dalam keberlangsungan usaha Anda. Karena pentingnya peran website ini, maka Anda harus bisa menghadirkan website yang informatif semenarik mungkin.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya mengapa bisnis yang Anda jalankan harus mempunyai website? Alasan yang pertama tentunya adalah untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan. Melalui iklan yang sudah Anda pasang, orang-orang akan mengunjungi website Anda. Itu berarti semakin banyak orang yang berkunjung ke dalam website, maka semakin besar pula peluang Anda mendapatkan pelanggan.

Alasan berikutnya adalah untuk memudahkan pelanggan. Dengan hadirnya website resmi dari bisnis Anda, maka pelanggan akan lebih mudah mencari informasi mengenai kebutuhan mereka. Pelanggan juga akan lebih mudah melakukan transaksi karena bisa memakai sistem kerja online yang Anda sediakan.

Selain itu, hadirnya website juga mampu membuat publik lebih percaya kepada kualitas bisnis Anda. Banyak orang yang menganggap bahwa sebuah layanan yang mempunyai website berarti merupakan layanan yang berkualitas dan terpercaya. Anda bisa membangun kepercayaan pelanggan melalui website yang Anda bangun. Tentunya harus disertai dengan pelayanan yang mengutamakan pelanggan.

Cara Membuat Website

Melalui materi yang ada di internet, Anda bisa membuat website Anda sendiri. Bahkan jika tidak ingin kerepotan, Anda bisa menghubungi jasa yang menyediakan pembuatan website. Apabila Anda belum memiliki website resmi dari bisnis yang sedang Anda jalankan, maka Anda harus memperhatikan cara membuat website berikut ini.

1.     Tentukan Hosting dan Domain

Sebuah website membutuhkan hosting dan domain agar dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Saat memutuskan untuk membuat website, Anda harus menentukan layanan hosting dan domain apa yang akan Anda pakai. Untuk mendapatkan hosting dan domain yang tepat, Anda bisa memesannya pada jasa yang sudah terpercaya. Pastikan Anda melakukan tahap ini dengan penuh pertimbangan.

2.     Instal Website

Saat Anda sudah berhasil memperoleh hosting dan domain, Anda harus menginstall WordPress beserta plugin yang sesuai keinginan. Anda bisa menginstall WordPress melalui cPanel hosting Anda. Anda bisa menambahkan plugin manapun yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Selain plugin, Anda juga dapat mengatur template apapun yang akan Anda gunakan.

3.     Atur Website

Website sudah terinstal, Anda pun tinggal mengaturnya. Agar bisnis Anda terlihat menarik, Anda bisa menyempurnakan berbagai hal yang terlihat masih kurang. Untuk melakukan ini, Anda harus masuk ke menu pengaturan.

Dalam tahap pengaturan ini, Anda bisa menambahkan informasi apapun terkait produk layanan yang Anda miliki. Buatlah semenarik mungkin dan lebih komunikatif agar setiap orang yang mengunjungi website Anda merasa puas.

4.     Kembangkan Website

Jika semua yang dibutuhkan dalam website dirasa sudah terpenuhi, maka Anda tinggal mengembangkannya. Nah, bagaimana cara Anda mengembangkannya? Caranya tentu dengan menambahkan fitur apapun yang mendukung produk layanan yang Anda tawarkan.

Anda bisa menambahkan fitur yang bisa mempermudah para pengunjung mendapatkan apa yang mereka inginkan. Anda juga perlu melakukan verifikasi website ke Google Webmaster dan Bing Webmaster agar website Anda mudah ditemukan oleh pengunjung. Selain itu, Anda juga harus melakukan optimasi keamanan dan kecepatan demi kelancaran website yang Anda bangun.

Dasar Pembuatan Website Untuk Bisnis

Saat Anda memutuskan untuk membuat sebuah website demi kelancaran bisnis, Anda harus memperhatikan dasar-dasar pembuatannya. Dasar pembuatan website untuk bisnis ini akan memberikan pengaruh yang sangat besar dalam usaha yang Anda jalankan. Apa saja dasar tersebut?

1.     Infrastruktur Website

Infrastruktur website sangat mempengaruhi performanya dalam melayani kecepatan jaringan para pengunjung. Anda harus memastikan infrastruktur website sudah baik agar pelanggan memiliki pengalaman yang memuaskan. Sebuah infrastruktur website yang baik dapat dikenali dari beberapa kehadiran faktor berikut:

  • Hosting
  • Struktur url
  • Nama domain
  • Generator website
  • Pilihan tema
  • Kecepatan website
  • Navigasi

2.     Traffic Pengunjung

Agar website yang Anda bangun memberikan pengaruh terhadap bisnis Anda, maka Anda harus bisa membuat website tersebut didatangi oleh banyak pengunjung. Jika website Anda tidak menarik, maka website Anda akan sepi yang berarti tidak ada pelanggan yang akan Anda dapatkan. Untuk itulah Anda perlu berusaha untuk meningkatkan traffic pengunjung.

Nah, bagaimana Anda meningkatkan traffic pengunjung ini? Agar dapat meningkatkan traffic web ini, Anda harus memilih mesin pencari mana yang akan diutamakan menjadi sumber traffic. Mesin pencari ini tidaklah harus Google, Anda bisa memilih sosial media sebagai sumber traffic Anda.

Hal ini sudah terbukti banyak yang bisa mendatangkan traffic pengunjung melalui sosial media mereka. Ada beberapa poin penting yang harus Anda pahami untuk meningkatkan traffic website bisnis Anda, diantaranya:

  • Konten berkualitas yang berupa artikel, infografis, vlog dan sebagainya.
  • Gunakan media sosial yang ada dengan maksimal.
  • Cobalah traffic berbayar dengan cara mengiklankan website bisnis Anda melalui Google Ads, Facebook Ads, Email marketing atau yang lainnya.
  • Sumber traffic eksternal tanpa biaya seperti memberikan komentar di website lain, aktif berdiskusi di forum, sharing via sosial media dan lainnya.

3.     Landing Page dan Call to Action

Landing page merupakan halaman yang khusus digunakan untuk menawarkan produk layanan yang Anda miliki. Dengan kata lain, landing page ini seperti halaman iklan yang berisi link menuju website Anda. Sedangkan call to action merupakan kata atau frasa yang digunakan untuk mempengaruhi seseorang melakukan sesuatu. Istilah lainnya adalah ajakan untuk langsung merespon sesuatu seperti click here, open here dan sebagainya.

Kedua hal ini sangat menentukan seberapa berkualitas website yang Anda miliki. Tanpa adanya landing page dan call to action yang baik, maka peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan sangatlah tipis.

Ada syarat utama agar landing page dikatakan baik, yaitu harus mengandung formulir yang wajib diisi untuk mendapatkan informasi mengenai data pengunjung website yang tertarik dengan produk layanan Anda. Beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam menciptakan sebuah landing page yang baik yaitu sebagai berikut:

  • Tentukan judul yang menarik.
  • Tunjukkan keunggulan usaha Anda kepada pengunjung.
  • Buat tampilan dengan format bullets point pada fokus yang ingin Anda sampaikan.
  • Sediakan formulir isian pelanggan yang sederhana dan bermanfaat
  • Atur visual semenarik mungkin
  • Selipkan ulasan yang terpercaya
  • Pastikan landing page mengandung informasi yang runtut dan jelas

Membuat website untuk kepentingan bisnis Anda memang bisa Anda limpahkan pada jasa yang tersedia. Namun akan lebih baik jika Anda bisa mengelolanya sendiri. Mengapa demikian? Karena apabila Anda mampu mengelolanya sendiri, maka Anda bisa langsung mengetahui apa yang kurang dan perlu ditingkatkan. Jika nanti kiranya bisnis sudah berjalan dengan lancar, Anda baru bisa melimpahkannya pada karyawan yang Anda percayai.